Tips Bawa Ponsel Sendiri saat Traveling Luar Negeri

Banyak wisatawan menikmati kenyamanan membawa telepon seluler pribadi mereka ke Eropa. Beberapa manusia juga memilih untuk mengirimkan komputer tablet atau laptop untuk mengirim email atau menulis blog, mengimpor atau mengedit foto, membaca, dan melihat video di waktu henti mereka. Menggunakan gadget seluler Anda di luar negeri tidak sulit, dan dengan sedikit persiapan, Anda dapat mengirim pesan teks, membuat panggilan, dan mendapatkan akses ke Internet tanpa melanggar bank.

Cara Mengatur (atau Menonaktifkan) Layanan Internasional di Ponsel Anda

Berkeliaran dengan ponsel Anda sendiri di luar AS biasanya dikenakan biaya lebih besar, baik saat Anda melakukan panggilan suara, mengirim teks, atau mendapatkan akses ke fakta-fakta (pergi online melalui jaringan seluler atau Wi-Fi, alias, “roaming data” ). Jika Anda membuat sketsa untuk menyampaikan ponsel cerdas Anda sendiri ke Eropa, mulailah dengan menilai bagaimana Anda akan menggunakannya – apakah Anda akan melakukan beberapa atau banyak panggilan telepon, mengirim dan menerima pesan konten teks, dan seberapa bebas dan teratur Anda akan ingin online untuk melihat email, mencari situs web, mendapatkan hak masuk ke peta, mendapatkan petunjuk arah, atau menggunakan aplikasi seluler yang berbeda.

Anda dapat membayar sesuai desain reguler untuk ketiga layanan. Tetapi biaya dapat bertambah (rata-rata, sekitar $ 1,50 / menit untuk panggilan suara, 50 sen untuk mengirim pesan teks, 5 sen untuk mendapatkannya, dan $ 20 untuk mengunduh memuat satu megabita data).

Wisatawan yang ingin tetap terhubung dengan biaya lebih rendah dapat mendaftar untuk paket layanan internasional melalui operator mereka. Sebagian besar menawarkan semacam paket panggilan global yang memangkas biaya panggilan telepon per menit dan paket data biaya tetap yang mencakup sejumlah megabita. Paket normal Anda mungkin sudah mencakup jangkauan internasional, seperti T-Mobile. Ini adalah proses yang cukup tidak menyakitkan:

  1. Konfirmasikan bahwa ponsel Anda akan berfungsi di Eropa. Hampir semua ponsel baru bekerja dengan baik di luar negeri (seperti halnya ponsel lama yang dibeli melalui AT&T dan T-Mobile), tetapi pintar untuk memeriksa dengan operator Anda jika Anda tidak yakin.
  2. Telitilah tarif internasional penyedia Anda. Paket harga sangat bervariasi menurut operator. Hubungi penyedia Anda atau periksa situs web mereka untuk harga terbaru.
  3. Aktifkan layanan internasional. Satu atau dua hari sebelum Anda pergi, masuk ke akun ponsel Anda atau hubungi penyedia Anda untuk mengaktifkan roaming internasional untuk suara, teks, dan / atau data (fitur apa pun yang Anda rencanakan untuk digunakan), dan mendaftar untuk paket internasional apa pun.
  4. Batalkan layanan internasional saat Anda tiba di rumah. Saat Anda kembali dari liburan, batalkan paket tambahan apa pun yang Anda aktifkan untuk perjalanan Anda.

Sedang Online di Eropa

Dengan laptop, tablet, atau ponsel cerdas apa pun, Anda bisa online melalui sinyal Wi-Fi, yang biasanya gratis. Jika Anda memiliki ponsel (smartphone atau dasar) atau komputer yang mendukung seluler, Anda bisa online melalui jaringan seluler, tetapi biasanya Anda harus membayarnya.

Cara paling efisien untuk online adalah dengan masuk ke hotspot Wi-Fi selama perjalanan Anda. Bahkan jika Anda memiliki paket data internasional, Anda sebaiknya menyimpan sebagian besar tugas online Anda untuk Wi-Fi.

Jika Anda berencana untuk menggunakan aplikasi baru di perangkat Anda – seperti penerjemah bahasa, pembaca ebook, atau aplikasi transportasi atau pemetaan – pintar untuk mengunduh atau memperbaruinya sebelum perjalanan Anda, ketika bandwidth tidak menjadi masalah.

Menemukan Wi-Fi di Eropa

Sebagian besar akomodasi di Eropa menawarkan Wi-Fi gratis, tetapi beberapa – terutama hotel mahal – mengenakan biaya. Di beberapa hotel, Wi-Fi berfungsi dengan baik; di tempat lain, sinyalnya kurang dapat diandalkan atau tidak berfungsi dengan baik (atau bahkan tidak sama sekali) di luar lobi (banyak hotel Eropa berada di bangunan tua dengan dinding batu tebal). Seringkali cukup baik untuk memotret email, tetapi terlalu lambat untuk streaming film atau membuat panggilan video.

Jika Wi-Fi penting bagi Anda, tanyakan tentang hal itu ketika Anda memesan – dan periksa apakah itu akan tersedia di kamar Anda. Segera setelah saya tiba di sebuah hotel, saya bertanya di meja untuk kata sandi dan nama jaringan (kalau-kalau ada beberapa yang berada dalam jangkauan), jadi saya bisa langsung masuk.

Saat Anda bepergian, taruhan terbaik Anda untuk menemukan Wi-Fi gratis adalah di kafe. Mereka biasanya akan memberi tahu Anda kata sandi Wi-Fi mereka jika Anda membeli sesuatu. Seperti di Amerika Utara, sebagian besar McDonald’s dan Starbucks di Eropa menawarkan Wi-Fi gratis.

Anda juga dapat menemukan Wi-Fi di sana-sini sepanjang hari – misalnya di kantor pariwisata, di alun-alun kota (misalnya, Marienplatz di Munich), di dalam museum besar (seperti Tate Modern di London), di pusat transit publik (seperti banyak stasiun kereta api London), dan menumpang beberapa kereta api dan bus (misalnya, RailJet Austria atau bus jarak jauh Portugal). Anda mungkin perlu mendaftar atau menerima ketentuan layanan untuk bisa online, dan beberapa jaringan membatasi waktu browsing.

Kiat Menggunakan Roaming Data dengan Cerdas

Menggunakan data roaming di jaringan seluler Anda berguna untuk saat-saat ketika Anda tidak dapat menemukan Wi-Fi. Tetapi sementara nyaman, roaming data juga berpotensi mahal, tergantung pada tarif paket internasional Anda. Anda harus mengetahui berapa banyak data yang Anda gunakan, karena Anda mungkin membayar bandwidth dalam jumlah terbatas. Tetap saja, roaming data dapat bermanfaat saat Anda bepergian, perlu online, dan tidak ingin menyia-nyiakan waktu liburan Anda yang berharga untuk mencari hotspot Wi-Fi.

Penganggaran data Anda mudah jika Anda mengikuti tips ini:

Hindari menggunakan jaringan seluler Anda untuk tugas-tugas yang memakan bandwidth. Melewatkan skyping, mengunduh aplikasi, dan menonton YouTube memakan megabita dan dapat menunggu hingga Anda berada di Wi-Fi. (Anda berada di jaringan Wi-Fi ketika Anda melihat simbol untuk Wi-Fi di sudut layar Anda – sepertinya setengah pelangi.) Jika Anda menggunakan aplikasi navigasi seperti Google Maps, ada beberapa cara untuk melakukannya tanpa menggunakan data seluler apa pun. Jika Anda tersesat dan perlu mengakses peta dan petunjuk arah setiap belokan, lakukan dengan hemat.

Melacak penggunaan data. Setibanya di Eropa, pintar untuk mulai melacak berapa banyak data yang Anda gunakan. Pada menu perangkat Anda, cari item seperti “penggunaan data seluler” atau “data seluler” dan setel ulang penghitung di awal perjalanan Anda sehingga Anda dapat melihat berapa megabita yang telah Anda konsumsi. Beberapa operator secara otomatis mengirim pesan teks peringatan jika Anda mendekati atau melampaui batas Anda dan akan membiarkan Anda meningkatkan paket Anda tanpa penalti.

Batasi pembaruan otomatis di email Anda dan aplikasi lain. Secara default, banyak aplikasi seluler disetel untuk secara konstan memeriksa koneksi data dan memperbarui informasi. Anda dapat memotong penggunaan data dengan mematikan fitur ini di berbagai aplikasi Anda. Mulai dengan email Anda: Buka pengaturan email perangkat Anda dan ubah dari “auto-retve” menjadi “manual,” atau dari “push” menjadi “fetch.” Ini berarti Anda harus mengunduh (atau “mengambil”) pesan secara manual saat Anda menggunakan Wi-Fi alih-alih diunduh secara otomatis (atau “didorong”) ke perangkat Anda. Jika Anda menerima email dengan foto besar, video, atau file lain, tunggu hingga Anda berada di Wi-Fi untuk melihatnya.

Aplikasi lain – seperti berita, cuaca, media sosial, dan tickers olahraga – juga diperbarui secara otomatis. Pada beberapa perangkat, Anda dapat memilih aplikasi mana yang diizinkan untuk diperbarui melalui jaringan seluler. Adalah cerdas untuk menonaktifkan fitur-fitur ini di sebagian besar aplikasi Anda sehingga mereka hanya akan memperbarui ketika Anda menggunakan Wi-Fi.

Putuskan sambungan dari jaringan seluler Anda sama sekali. Karena masih ada cara Anda dapat secara tidak sengaja membakar data, saya suka perlindungan tambahan secara manual mematikan roaming data atau data seluler (keduanya berfungsi) setiap kali saya tidak menggunakannya – periksa di bawah “seluler” atau “jaringan,” atau tanyakan kepada penyedia layanan Anda bagaimana cara melakukannya. Kemudian, ketika Anda perlu online tetapi tidak dapat menemukan Wi-Fi, cukup aktifkan cukup lama untuk tugas yang sedang ditangani, lalu matikan lagi. Cara lain untuk memastikan Anda tidak secara tidak sengaja menggunakan jelajah data adalah dengan meletakkan perangkat Anda dalam mode “pesawat” atau “penerbangan”, dan kemudian nyalakan kembali Wi-Fi Anda saat diperlukan (ini menonaktifkan panggilan telepon dan teks, serta data ).

Jika Anda bepergian dengan smartphone yang tidak terkunci, Anda dapat membeli kartu SIM yang juga menyertakan data; ini bisa lebih murah daripada roaming data melalui penyedia rumah Anda.

BAGIKAN