Tips Laundry ketika Wisata di Luar Negeri

Saya bertemu dengan seorang wanita di Italia yang mengenakan T-shirt ke depan, ke belakang, ke dalam ke luar, ke dalam ke luar ke belakang, semua untuk menunda hari binatu. Seorang pria di Jerman menunjukkan kepada saya metode mencuci-bawa-ke-bak-dengan-Anda-dan-membuat-gelombang untuk mencuci celana jinsnya yang bermasalah. Tapi Anda tidak perlu pergi ke ekstrem ini untuk memiliki sesuatu yang layak dipakai. Cuci pakaian di kamar hotel Anda, temukan binatu, atau berbelanja dengan layanan penuh.

Mencuci Pakaian di Kamar Anda

Salah satu tugas rumah tangga saya saat di jalan adalah mencuci cucian saya di wastafel kamar hotel. Saya membuatnya sangat sederhana, menggunakan tas binatu hotel untuk menyimpan barang-barang kotor saya, mencuci pakaian saya dengan sampo hotel, dan hanya improvisasi tempat untuk menggantung barang-barang. Tetapi Anda dapat mengemas kit binatu swalayan: kantong plastik atau jala dengan tali untuk pakaian kotor; deterjen cair pekat dalam botol kecil, kokoh, plastik yang dibungkus dengan kantong plastik yang dapat ditutup untuk mencegah kebocoran; dan “jemuran perjalanan” yang dapat diregangkan (tali ganda yang terpuntir, sehingga jepitan tidak perlu). Untuk mempermudah, saya membawa lemari pakaian cepat kering yang terlihat OK berkerut atau tidak kusut. (Aku mencoba mencuci bajuku di wastafel di rumah sebelum kubiarkan mereka datang ke Eropa bersamaku. Beberapa kemeja mengering dengan baik; yang lain memangkas.)

Sebagian besar hotel di Eropa lebih suka Anda tidak mencuci pakaian di kamar. Beberapa kamar mandi bahkan dilengkapi dengan tanda multibahasa “jangan mencuci pakaian di kamar” (yang, setelah “makan kacang polong,” mungkin merupakan aturan yang paling diabaikan di bumi). Mengartikan sikap diam para pelaku bisnis perhotelan sebagai, “Saya punya banyak perabot bagus dan lantai bagus di ruangan ini, dan saya tidak ingin cucian Anda yang menetes-netes merusak.” Tetapi selama Anda mencuci dengan hati-hati dan menghormati ruangan, teruskan saja.

Kadang-kadang sebuah hotel akan menghapus wastafel dan bak mandi dalam upaya untuk mencegah mencuci. Bawalah sumbat tiris universal dari rumah, coba gunakan kaus kaki gumpal atau tutup botol pil, atau lapisi wastafel dengan kantong plastik dan cuci di dalamnya. Beberapa pelancong membuat mesin cuci mereka sendiri dengan baggie besar dua galon yang dapat disegel: rendam dalam busa selama satu jam, agitasi, tiriskan, bilas.

Peras cucian basah sekering mungkin untuk meminimalkan tetesan. Selain toilet tersumbat, ada sedikit pengusaha suka melihat kurang dari genangan air di lantai kayu keras mereka. Menggulung cucian dengan handuk dan memutar atau menginjaknya bisa membantu (tetapi banyak akomodasi tidak menyediakan handuk baru setiap hari).

Gantung pakaian dengan cara yang low profile dan tidak merusak. Tangguhkan mereka di atas bathtub atau di lemari. Pelayan itu hampir tidak memperhatikan cucian saya. Itu tergantung diam-diam di kamar mandi atau beringsut di antara pakaian kering saya di lemari. Pisahkan bagian belakang dan depan pakaian gantung agar cepat kering. Beberapa pelancong mengemas gantungan karet. Jangan gantung pakaian Anda di luar jendela – pelaku bisnis perhotelan merasa tidak enak dipandang, dan Anda mungkin merasa pakaian itu sudah lenyap ketika Anda kembali dari makan malam. Hotel-hotel santai akan membiarkan cucian Anda bergabung dengan mereka di garis belakang atau di atap.

Ratakan pakaian basah Anda, kancing baju, atur kerah, dan “setrika tangan” untuk mendorong pengeringan bebas kerut. Jika baju atau baju Anda kusut, gantunglah di kamar mandi yang beruap atau pinjam setrika dan papan setrika dari hotel (hampir semuanya memiliki peminjam). Selotip adalah sikat serat ad hoc yang bagus. Dalam iklim yang sangat panas, saya mencuci baju saya beberapa kali sehari, memerasnya, dan membasuhnya. Ini bersih dan menyegarkan, dan (sayangnya) dalam 15 menit kering.

Menggunakan Launderette

Untuk pencucian menyeluruh, minta hotel Anda untuk mengarahkan Anda ke binatu terdekat. Di Eropa Barat, hampir setiap lingkungan memiliki satu; di Eropa Timur, binatu jauh lebih jarang terjadi. Dibutuhkan sekitar satu jam dan $ 10–15 untuk mencuci dan mengeringkan ukuran rata-rata. (Banyak hostel memiliki mesin cuci dan pengering koin-op atau ruang pengering yang dipanaskan.)

Mesin cuci piring yang lebih baik memiliki dispenser sabun koin-op, mesin ganti, instruksi bahasa Inggris, dan petugas yang membantu. Yang lain sepenuhnya otomatis – tetapi banyak dari ini memiliki instruksi piktogram yang biasanya tidak terlalu sulit untuk diurai. Cari tanda yang mencantumkan waktu “pencucian terakhir”, dan patuhi. Ketika waktu tutup, petugas mungkin datang untuk mengusir Anda, atau mesin mungkin berhenti beroperasi.

Meskipun prosedur yang tepat bervariasi, biasanya mencakup langkah-langkah yang sama seperti yang Anda temui di binatu di rumah. Jika Anda berencana mengunjungi mesin cuci piring, Anda dapat mengemas satu atau dua kotak deterjen kecil, meskipun Anda biasanya dapat membelinya di mesin cuci otomatis dari dispenser otomatis. Kompartemen sabun pada kebanyakan mesin cuci memiliki tiga reservoir: untuk pra-cuci, siklus mencuci utama (biasanya di bagian atas mesin cuci), dan pelembut kain. (Jangan masukkan sabun utama Anda ke kompartemen pra-pencucian, atau itu akan terhapus sebelum waktunya.)

Meskipun Anda mungkin dapat membayar di mesin cuci itu sendiri, kemungkinan besar Anda harus memasukkan uang Anda ke unit pusat. Catat nomor mesin Anda, kemudian ketikkan nomor itu ke unit pusat dan masukkan koin Anda (gunakan perubahan yang tepat jika mungkin – beberapa mesin tidak memberikan perubahan). Kadang-kadang unit pusat membagikan token, yang kemudian Anda masukkan ke dalam mesin.

Pilih siklus Anda, baik di mesin itu sendiri atau di unit pusat. Di bawah ini saya telah membuat daftar beberapa siklus yang cenderung Anda lihat. Angka pertama adalah suhu dalam Celcius untuk siklus pertama (pra-cuci), yang kedua adalah suhu untuk siklus kedua (pencucian utama), dan yang ketiga adalah berapa lama semuanya berlangsung:

45 ° / 90 ° / 55 m putih (sangat panas)

45 ° / 60 ° / 50 m warna (panas)

45 ° / 45 ° / 40 m pers permanen (hangat)

– / 30 ° / 30 m nilon (suam-suam kuku)

– / 20 ° / 25 m bahan halus (dingin)

Beberapa mesin cuci memiliki siklus putaran bawaan; Namun, yang lain meninggalkan pakaian yang benar-benar basah kuyup. Dalam hal ini, Anda harus meletakkan pakaian basah Anda di mesin spin-dry khusus (biasanya disebut “centrifuge” atau sejenisnya) untuk memeras kelebihan air sebelum memindahkannya ke pengering.

Waktu pengeringan umumnya tersedia dalam unit yang lebih kecil (kenaikan 5 atau 10 menit) daripada sebagai siklus penuh. Sebagian besar mesin memungkinkan Anda memilih suhu pengeringan: rendah (dingin dan lambat); sedang (lebih hangat tapi masih lambat); dan tinggi (cepat tapi menyusut). Karena mesin cuci dan pengering di mesin cuci dapat tidak dapat diprediksi, cuci tangan apa pun yang Anda hargai dengan harga mahal.

Sambil menunggu pakaian Anda, gunakan waktu untuk piknik, mengejar kartu pos dan jurnal Anda, atau mengobrol dengan pelanggan lain. Mesin pencuci piring di seluruh dunia tampaknya memberi orang hadiah untuk mengobrol. Banyak mesin cuci piring memiliki akses Internet atau Wi-Fi (atau bertanya tentang kafe Internet terdekat). Jika Anda bertanya kepada petugas dengan manis, mereka mungkin bersedia untuk memindahkan pakaian Anda ke pengering, memungkinkan Anda untuk keluar untuk tamasya bonus. (Dalam kasus ini, patut berterima kasih kepada mereka dengan menawarkan tip kecil.)

Hiring It Out: Tempat yang benar-benar layanan penuh, yang melipat dan kadang-kadang bahkan menyetrika cucian Anda, lebih mudah – turunkan saja dan kembali sore hari – tetapi lebih mahal. Juga mahal, tetapi paling praktis: Anda dapat menyewa hotel untuk mencuci pakaian.

Terlepas dari biaya, setiap kali saya mengenakan celana baru, saya pikir itu sepadan dengan kerumitan dan biaya.

BAGIKAN